Pelatihan "Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva For Education"

Pelantikan Pengurus Jami'iyyatul Qurra' wal Huffazh (JQH) NU Kab. Lahat Masa Khidmad 2023 s.d. 2028


Guna menyiarkan Al Quran agar berkembang dan memiliki wadah maka Kab. Lahat secara resmi membentuk pengurus Jam'iyyatul Qurro' wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQH NU) yang merupakan banom NU yang mengkhidmahkan diri dalam upaya menjaga kesucian dan kemurnian Al-Qur’an dengan cara melakukan kaderisasi terus-terusan para penghafal Al-Qur’an, terlibat langsung dalam pentashihan (pengesahan) penerbitan Al-Qur’an.

Atas dasar keinginan kuat mengembangkan Al Qur'an ini maka dilakukanlah pelantikan pengurus JQH NU Kab. Lahat. Kepengurusan ini merupakan kepengurusan JQH NU pertama yang dilantik dan terbentuk di Provinsi Sumatera Selatan. 

Kegiatan pelantikan yang dirangkai dengan peringatan Tahun Baru Islam 1455 H dilaksanakan pada:

Hari : Senin
Tgl  : 07 Agustus 2023
Pukul : 19.00 WIB (Isya berjamaah)
Tempat: Masjid Agung Lahat

Dalam pelantikan ini terpilih sebagai ketua yaitu H. Muhammad Siddiq Al Hafidz. Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Lahat (Bp. Candra, SE), Rois Syuriah PCNU Lahat (KH. Husnuddin Karim Al Hafidz), Kapolres Lahat (diwakili oleh Kanit Bimas), Dandim 0405 Lahat (diwakili oleh Kasdim), Kakanmenag Kab. Lahat (KH. Santoso, M.Pd.I), Ketua Tanfidziyah PCNU Lahat (KH. Napikurrahman), Ketua Muslimat NU Lahat (Nurbaiti) serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat Kab. Lahat dan warga Kab. Lahat.

Suatu kehormatan pelantikan ini dihadiri oleh Imam Besar Masjid Agung Palembang (H. A. Tarmizi Muhaimin S.Pd.I Al-Hafizh) yang menggantikan Almarhum KH Ahmad Nawawi Dencik Al-Hafidz. Beliau H Ahmad Tarmidzi Muhaimin S.Pd.I Al Hafizh yang juga Ketua Pimpinan Wilayah Jam'iyyatul Qurra Wal Huffazh (JQH) Nahdlatul Ulama provinsi Sumsel dengan didampingi sekretaris JQH NU Prov. Sumsel H Abdurrahman Romli SAg M.Pd.I melantik secara resmi pengurus JQH Kab. Lahat pada tanggal 07 Agustus 2023 ini.

Imam Besar Masjid Agung Palembang (H. A. Tarmizi Muhaimin S.Pd.I Al-Hafiz)

Foto bersama antara PCNU Lahat dan Pengurus Wilayah JQH Prov. Sumsel 

Dalam acara ini juga tak lepas memperingati tahun baru Islam 1445 Hijriyah. Dengan mengundang penceramah dari kota Palembang sang pencetus Bayt Al Quran Al Akbar (Al Qur'an terbesar di dunia) yang berlokasi di Gandus, Palembang yaitu H. Shofwatillah Mohzaib, S.Sos.I ceramah menjadi sangat berkesan karena menceritakan suka dukanya ketika mewujudkan Bayt Al Qur'an Al Akbar ini. Menurut beliau saat ini sedang dalam proses menjadi warisan dunia.

Selain itu H. Shofwatillah Mohzaib, S.Sos.I memberikan hadiah umroh kepada salah satu guru ngaji di Lahat yang sudah mengajar ngaji lebih dari 10 tahun. Sangat beruntung ustadz yang mengajar ngaji di Pasar Bawah ini mendapatkan kesempatan yang mungkin tidak ia duga sebelumnya.


Komentar