Pelatihan "Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva For Education"

Tahukah Anda Asal Muasal Halal Bihalal?

 

Halal bihalal pertama kali dicetuskan oleh KH Wahab Chasbullah pada tahun 1946. Pada masa itu, Indonesia diketahui sedang mengalami masalah disintegrasi bangsa.

Halal Bihalal adalah berasal dari kata Tholabul Halal Bithoriqil Halal (mencari ke halalan dengan jalan halal) meski berbahasa Arab, ini hanya ada di Indonesia sobat. Hanya orang Indonesia yang memiliki dan tahu istilah ini.

Dalam kondisi tersebut, Presiden Pertama RI Ir. Soekarno alias Bung Karno kemudian mengundang KH. Wahab Chasbullah untuk memberikan saran dan pendapat guna mengatasi situasi politik tersebut.

Pada saat itu, KH. Wahab Abdullah memberikan saran pelaksanaan kegiatan halal bihalal. Kegiatan ini dilakukan untuk tujuan membumikan dan menumbuhkan konsep ajaran Ahlussunah wal Jamaah.

Dengan kegiatan tersebut diharapkan masyarakat Indonesia dapat mempererat tali persaudaraan, kemanusiaan, dan kebangsaan.

Dalam Ukhuwah NU, ketiga hal ini disebut juga dengan islamiyah, basyariyah, dan wathaniyah, yang biasanya dilakukan pada momen bulan Syawal untuk saling bermaaf-maafan.

Komentar